Review LomoChrome Turquoise oleh @hodachrome

Pada musum gugur tahun 2022, LomoChrome Turquoise XR 100-400 dihidupkan kembali sebagai tanggapan atas permintaan para penggemar. Banyak Lomographer yang senang dengan kembalinya film LomoChrome yang unik dan populer ini, termasuk @hodachrome.

Fotografer Jepang dan ahli fotografi eksperimental ini adalah penggemar berat film unik ini, sehingga ia dengan baik hati menulis ulasan ini untuk memberikan kesan-kesannya tentang LomoChrome Turquoise baru, dan menyertakan foto-foto memukau miliknya yang diambil dengan film ini. Silakan baca dan nikmati ulasan hodachrome di bawah ini!

© hodachrome, Kamera: Canon EOS7s, ISO 200 x 2 and ISO 200 x 3

Spesifikasi film

Nama: 2021 LomoChrome Turquoise ISO 100–400
Tipe dan variasi: Film warna negatif (Proses C-41 ), tersedia dalam 35 mm and 120
Sensitivitas: ISO 100-400
(Detail lebih lanjut dapat dilihat di halaman produk dari toko online atau Panduan Film LomoChrome Turquoise )

Foto Sampel

© hodachrome Pampas dan dedaunan musim gugur berwarna merah di bagian belakang. (Difoto di ISO 200, +0.5)

Karakteristik terbesar dari film ini adalah "kuning berubah menjadi biru". Rumput pampas yang berwarna kuning berubah menjadi biru sesuai dengan aturan film. Tapi bukan biru kehijauan karena rerumputan tidak berwarna kuning cerah. Dedaunan musim gugur yang berwarna merah di latar belakang berubah menjadi ungu kebiruan.

© hodachrome, Orang-orang yang sedang berjalan dan dedaunan musim gugur berwarna merah dan kuning. (Difoto di ISO 200)

Di sini, daun kuning cerah berubah menjadi biru kehijauan dan daun merah berubah menjadi ungu kebiruan. Sementara itu, daun hijau berubah menjadi warna zamrud atau biru kehijauan. Kulit orang berubah menjadi warna "zombie" biru pucat. Warna pakaian orang juga berubah menurut aturan, dan bagian yang terang cenderung memiliki sedikit warna jingga.

© hodachrome, Portrait wanita. (Pengaturan ISO di 200 x2)

Contoh portrait mungkin agak membingungkan, karena elemen multiple exposure, tetapi seharusnya tidak ada masalah dalam mengecek warna kulit wajah. Dalam contoh ini, kulit orang berubah menjadi warna biru pucat. Jika anda memanfaatkan karakteristik zombifikasi ini dengan baik, anda bisa mengambil foto yang sungguh unik!

© hodachrome warna merah atau oranye. (ISO setting at 200)

Burung flamingo, yang biasanya dicirikan oleh warna merah muda cerah, merah atau oranye, berubah menjadi ungu kebiruan yang tidak sehat dengan keajaiban film ini. Saya juga sudah mencoba dengan jerapah, walabi, gajah, singa, dll., dan semuanya memiliki hasil yang unik.

© hodachrome, Matahari terbenam berwarna jingga cerah dan langit biru. (ISO setting at 200)

Warna merah/jingga senja berubah menjadi biru kehijauan yang pekat, dan langit biru berubah menjadi jingga. Seakan-akan keseimbangan warna terbalik. Hal ini memberikan suasana yang unik, sehingga anda bisa menciptakan foto yang menarik, tergantung pada gagasan dan subjek anda.

© hodachrome, Pemandangan malam pabrik tepat setelah matahari terbenam. (Pengaturan ISO di 200, +1EV)

Berbagai sumber cahaya bercampur dalam pemandangan malam hari di pabrik ini. Warna biru dan hijau ditegaskan oleh film ini. Lampu pijar berubah menjadi biru, sementara lampu neon berubah menjadi hijau, dan keduanya tampak menyatu. Karena pencahayaan yang lama, warna jingga langit senja tidak berubah menjadi biru, tetapi menjadi putih.

Perbandingan berdasarkan sensitivitas

© hodachrome, Dedaunan musim gugur berwarna merah dan kuning, serta langit biru dan perbandingan negatif yang sudah diproses

Saya mengambil tiga kali foto subjek yang sama pada ISO 100, 200, dan 400. Pada ISO 100, langit tampak agak putih, dan pada ISO 400, area gelap pada dedaunan tampak hitam. Memeriksa gambar-gambar ini dan negatif yang dikembangkan, ISO 200 tampaknya merupakan pengaturan standar, seperti versi LomoChrome Turquoise sebelumnya. Namun demikian, tentu saja anda harus mengubah pengaturan atau menyesuaikan pencahayaan sesuai selera anda.

Kesan

Saturasi
Saturasi (intensitas warna) secara umum tampak sedikit lebih rendah daripada versi sebelumnya dari film ini. Saya ingat, misalnya, warna biru langit tampak lebih jingga. Kecerahan warna biru kehijauan tetap sama.

Kontras
Kontrasnya tidak terlalu lembut atau terlalu keras, dan memberikan gradasi yang mulus. Saya merasa bahwa nada bayangannya hitam secara apik.

Grain
Butirannya tidak jauh berbeda dari versi sebelumnya, atau mungkin sedikit lebih kasar. Jika anda membuat cetakan besar untuk pameran atau penjualan, butirannya akan terlihat jelas, tetapi menurut saya, ini pasti relatif mulus.

Kepekaan (Sensitivitas)
ISO 200 tampaknya merupakan pengaturan standar (pencahayaan yang tepat), tetapi anda harus mengubahnya, tergantung pada kondisi subjek dan tujuan anda. Kisaran apa pun dari ISO 100 hingga 400 dapat digunakan secara sempurna.

Kesan Keseluruhan
Versi LomoChrome Turquoise ini secara setia mengikuti karakteristik versi sebelumnya, tetapi nada warnanya secara umum tampak lebih tenang dan lembut. Ini mungkin tidak memuaskan bagi mereka yang mencari individualitas yang kuat, tetapi akan lebih cocok bagi mereka yang ingin menggunakannya untuk berbagai tujuan. Namun demikian, saya merasa bahwa kekuatan keunikan film ini tetap tidak berubah. Saya pribadi lebih menyukai versi baru, karena saya dapat menggunakannya secara lebih luas dalam berbagai jenis pemandangan fotografis. Perlu dicatat, bahwa tone warna, kontras, dll. akan berubah, tergantung pada variasi pengembangan dan kondisi scanning.

© hodachrome, Foto perubahan warna

Berikut ini ilustrasi sederhana yang menunjukkan perubahan warna. Semoga gambar bagan ini bermanfaat bagi anda. Catatan: Warna akan berubah, tergantung pada jumlah pencahayaan, bagaimana cahaya menerpa, cara pemindaian setelah pengembangan, dll.

Terakhir, saya ingin menunjukkan sebagian karya saya yang lain dengan film ini. LomoChrome Turquoise adalah rilisan terbatas, jadi, dapatkan selagi bisa, dan ambil foto yang asyik dengan gaya anda sendiri!

© hodachrome, Camera: Canon EOS7s, berbagai pengaturan ISO.

Terima kasih kepada hodachrome yang telah berbagi wawasannya! Lihatlah LomoHome untuk melihat karyanya yang lain 2021 LomoChrome Turquoise ISO 100 - 400 film sekarang tersedia dalam format 35 mm, 120 and 110 .

ditulis oleh hodachrome pada 2023-10-04 #peralatan #orang #35mm #turquoise #lomochrome #hodachrome #review-film

Lomography LomoChrome Turquoise XR 100-400 (35mm)

Formula kimia yang unik membuat film negatif warna LomoChrome kami berbeda. Ambil film negatif warna ini untuk menjelajahi negeri ajaib dengan warna turquoise yang menggiurkan.

Lebih Banyak Artikel Menarik