Meksiko Melalui Lensa @Izmiguel

"Seperti halnya di negara besar lainnya, setiap daerah di Meksiko memiliki keunikan yang membuatnya menarik untuk dijelajahi dan menantang anda secara kreatif."- @izmiguel

Berasal dari Morelia, Miguel (@izmiguel) telah menjelajahi berbagai bagian negara asalnya, Meksiko, untuk pekerjaannya di sebuah organisasi nirlaba yang berfokus untuk membantu orang-orang dengan kelainan darah. Dengan membawa kamera filmnya dalam perjalanan tersebut, ia berbagi cerita bahwa "dalam hal fotografi, anda memiliki banyak karakter yang menarik untuk diabadikan dan banyak situasi.”

Dengan sifat karyanya dan kedekatannya dengan fotografi film, ia menjalani Lomography Golden Rule #3 dalam setiap harinya: Lomography is not an interference in your life, but part of it.

Dengan berbagi koleksi fotonya, Miguel mengundang kita untuk menjelajahi Meksiko melalui lensanya. Dengan menggunakan berbagai kamera film miliknya yang termasuk kamera Sprocket Rocket, Lubitel 166B, Diana Mini, dan beberapa lainnya dipasangkan dengan film perubahan warna Lomography seperti LomoChrome Purple, Redscale XR, dan banyak lagi, dia membawa kita dalam perjalanan eksploratif di sekitar rumahnya.

Penghargaan: izmiguel

Cara Miguel berbicara tentang fotografi film, bersama dengan foto-fotonya, akan membuat kita langsung percaya bahwa ia sudah lama berkecimpung dalam dunia film. Itulah sebabnya, sungguh mengejutkan mengetahui bahwa ia tidak selalu menjadi penggila film dan hanya kebetulan mempelajari fotografi analog secara kebetulan - "penemuan yang tidak disengaja", seperti yang ia gambarkan.

"Awalnya, saya mulai menggunakan film karena harganya lebih murah daripada kamera digital. Kamera pertama saya adalah Canon FTb yang harganya kurang dari 70 USD dengan lensa, semuanya dalam kondisi bagus, dengan Proimage dan Fuji C200 yang dijual seharga 3 dolar atau kurang di lab setempat. Ini hanya seperti pengaturan sementara untuk mengambil foto sambil menabung untuk membeli kamera digital, tetapi kemudian keajaiban terjadi dan foto pertama (yang mengerikan, jika saya boleh jujur) kembali dan saya menyukai segala sesuatu tentangnya."
Difoto dengan Lubitel 166B

Miguel mengaitkan keajaiban fotografi analog dengan kepuasan yang tertunda, hasil cetakan yang nyata, dan keajaiban seluloid yang bisa dialami saat memotret dengan film. Ia mengibaratkan media ini seperti selimut memori yang memungkinkan seseorang untuk mengunjungi kembali dan menjelajahi kenangan, dan bahkan menantang keakuratan ingatan mereka yang ditangkap dalam foto. Lebih dari itu, fotografer film juga bisa mengubahnya menjadi pengalaman belajar yang luar biasa, melihat bagaimana penyesuaian tertentu bisa dilakukan di kemudian hari untuk menghasilkan foto yang kita bayangkan.

Ia mengenang bahwa Diana Mini berperan penting dalam membawanya ke dalam "realitas yang berbeda" - melihat bagaimana gaya fotografinya mulai terbentuk dan diekspresikan dengan cara yang tidak terbayangkan sebelumnya, dengan segudang warna, bentuk dan tekstur.

"Saya menyukai bentuk dan rupa serta mencoba menemukan garis atau sudut penghubung yang menciptakan bentuk geometris. Saya juga suka memotret orang sebagai bagian dari lingkungan... Saya lebih suka momen foto yang spontan, daripada merencanakan pemotretan di studio."
Difoto dengan Diana Mini

Perwujudan Golden Rule #3

Penghargaan: izmiguel

Tahun 2016 menandai tahun pertama kali Miguel mendengar tentang Lomography. Setelah membaca sejarah tentang bagaimana perusahaan ini terbentuk dan penemuan kembali kamera Lomo, ia langsung tertarik pada dunia fotografi analog. Pendekatan eksperimental merek ini dalam menciptakan film, desain kamera, dan aksesori, adalah sesuatu yang sangat disukainya dan membuatnya tertarik.

"Saya masih kagum dengan kreativitas sebagian anggota komunitas dalam hal permainan warna, framing, perspektif, dan bagaimana hal ini membuat anda ingin keluar dan bersenang-senang sambil memotret."
"Menurut saya, kami mencoba untuk menjadi komunitas yang menggembirakan, komunitas yang berfokus pada perasaan yang diberikan oleh sebuah foto, bukan pada kesempurnaan teknisnya. Saya menyukai Komunitas Lomography karena perasaan itu bahkan lebih penting. Tidak ada yang peduli dengan foto yang sempurna, melainkan foto yang paling emosional, menyenangkan dan kreatif."
Penghargaan: izmiguel

Kesamaan fisik antara subjek dan lingkungan selalu ada dalam foto-foto Miguel. Garis-garis yang menonjol dan ruang negatif menceritakan kisah visual dari kampung halamannya. Untuk praktik fotografinya, ia lebih memilih untuk memotret dengan cepat - sebuah pendekatan Lomography yang sangat khas yang dijiwai oleh Golden Rule #3.

"Menurut saya, gaya saya sedikit kacau karena saya merasa sangat sulit untuk merencanakan bagaimana saya akan mengambil foto. Jadi mungkin saya akan menggunakan film ISO rendah pada malam hari atau lensa cepat dalam cahaya terang."
Penghargaan: izmiguel

Pushing the rules of photography and image composition offers a fresh perspective on bringing an image to life. This is something Miguel understands and attributes to his location and the space bridging creativity and challenge, stimulating curious thinking,

"In Mexico there’s always something to capture," Miguel shares. Speaking to its uniqueness and how one place is never the same, no matter how many times you visit it, he adds, "There’s a feeling of unpredictability that lets your creativity flow and provides you with subjects to photograph."

Miguel's Favorites

"My favorite photo is this one, because I was able to take it without a light meter and exactly at the moment she was laughing under the spotlight." Photographed using a LomoChrome Purple 35 mm film stock
"This is also my favorite picture, taken in a little town called Trojes, during the festivities of the Virgin Mary."

When asked about his favorite location to take photographs, he told us Mexico City would be his number one pick. Meanwhile, for more personal photographs he shared that it would have to be at the annual festivity that takes place on January 12th in his grandmother's town. Noting it to be an event that cannot go undocumented, and a time that's filled with "nice people, delicious food, and impressive fireworks."

Penghargaan: izmiguel

Setelah semua ini, bagaimana Miguel mempertahankan untuk tetap menghayati Golden Rule Lomography #3? Sederhana saja dan merupakan sesuatu yang sudah mendarah daging dalam kesehariannya: membingkai imajinasi anda dengan cara menangkap foto dan menghayatinya (tapi kali ini pada film seluloid).

Berani melihat dunia melalui lensa yang berbeda. Buka pikiran anda. Dan seperti Miguel, selalu bawa kamera di ransel anda.

Ingatlah ketidakkekalan dan keterbatasan fisik yang ada pada peralatan analog, namun jangan pernah biarkan hal itu menghalangi anda untuk mengembangkan koleksi foto dan kenangan film yang tak lekang oleh waktu. Hargai kebaruan dari setiap foto film dan bagaimana setiap foto film benar-benar istimewa untuk momen dan orang-orang yang menjadi bagian darinya.

Apa Selanjutnya?

Penghargaan: izmiguel

Apa aspek lain dari fotografi analog yang akan dipelajari Miguel sebagai bagian dari perkembangan alami dalam perjalanan filmnya? Dia berharap untuk mencoba format besar, stok film bergerak dan mengembangkan kamar gelap pribadi.

Menemukan lebih banyak fotografi film berarti anda terus berbicara dengan waktu. Seperti yang terlihat melalui foto-foto Miguel dan bagaimana ia mengekspresikan pemahamannya tentang medium ini, ia sangat memahami hal ini.

Bagaimana anda melihat diri anda sendiri dan filosofi fotografi film anda dalam sembilan Lomography Golden Rules lainnya?


Terima kasih kepada @izmiguel yang telah berbagi koleksi fotonya yang luar biasa yang diambil di Meksiko dengan kami di Lomography. Lihat lebih banyak lagi foto filmnya di halaman LomoHome.

Bagaimana anda menjalani Lomography Golden Rule #3 dalam kegiatan fotografi anda? Foto apa yang paling mewakili pengalaman anda?

ditulis oleh macasaett pada 2024-02-05 #budaya #orang #tempat #mexico #lomographer #lomography #morelia-miguel #izmiguel

LomoChrome Purple Film 100-400 35mm

Film negatif warna yang unik ini akan memukau kamu dengan mengubah warna alami foto kamu menjadi warna baru yang memukau. Sebuah kebangkitan tampilan inframerah psikedelik dari film Kodak Aerochrome yang kita semua sukai, film ini menjamin hasil foto yang menakjubkan.

Lebih Banyak Artikel Menarik