Kesan Pertama Tony Kemplen tentang Kamera Lomomatic 110 yang Baru

Jika dunia fotografi film memberikan penghargaan untuk Champions of Analog, anda bisa yakin bahwa fotografer yang berbasis di Inggris, Tony Kemplen akan mendapatkan beberapa piala. Pada tahun 2010, ia menetapkan tugas untuk memotret kamera yang berbeda dalam seminggu. Tantangan 52 kamera dalam 52 minggu yang dilakukannya akhirnya berlangsung selama lebih dari satu dekade. Tidak perlu seorang jenius matematika untuk mengetahui bahwa itu adalah jumlah kamera yang sangat banyak! Dia juga baru-baru ini mendedikasikan satu bulan untuk memotret hanya dengan 110 kamera. Dengan jumlah pengalaman dan keahliannya, kami merasa Tony adalah orang yang tepat untuk menguji Kamera Lomomatic 110 kami yang baru. Dalam wawancara ini, dia berbicara tentang pengalamannya memotret dengan format saku lensa kaca yang baru ini.

Foto oleh

Halo Tony! Anda telah memotret lebih dari 110 kamera selama hidup anda daripada kebanyakan orang, apa daya tarik format ini dan mengapa anda memutuskan untuk mengeksplorasinya secara mendalam?

Ya, saya tentu saja telah menggunakan beberapa kamera. Beberapa tahun yang lalu, saya menggunakan 110 kamera yang berbeda setiap hari selama bulan April! Saya kira, ukuran kamera merupakan daya tarik utama, sebagian bahkan tidak sebesar cartridge film, yang kedua ujungnya dibiarkan menyembul keluar dari kamera saat digunakan.

Ada banyak kamera 110 yang baru, yang sebagian besar merupakan perhiasan kosmetik, tetapi beberapa memiliki fitur unik seperti Demekin Fisheye, dan tentu saja Lomography Fisheye Baby. Favorit saya sepanjang masa adalah sistem SLR Pentax Auto 110, sebaiknya dipasangkan dengan Lomography Orca 110 Film atau LomoChrome Turquoise 110 Film.

Foto oleh Tony Kemplen

Apa kesan pertama anda ketika menerima kamera ini?

Kamera ini cukup canggih secara teknis untuk kamera 110, sistem pencahayaan elektronik dapat menghasilkan pencahayaan hingga 4 detik, sehingga cahaya minim bukanlah masalah. Yang membedakannya dari model serupa yaitu, tersedianya multiple exposure dan pengaturan "B", memberikan segala macam kemungkinan untuk penggunaan kreatif yang tidak dapat qnda lakukan dengan model 110 lainnya. Flash yang bisa dilepas dengan filter berwarna yang bisa disisipkan adalah sentuhan yang bagus.

Foto oleh Tony Kemplen

Bagaimana pengalaman anda memotret dengan kamera ini, dan apa saja fitur favorit anda?

Memang perlu waktu agak lama untuk membiasakan diri dengan kontrolnya, dan ke arah mana kamera harus diarahkan, tetapi setelah saya terbiasa, kamera ini mudah digunakan. Penyediaan untuk multiple exposure adalah fitur unggulan bagi saya. Ada banyak ruang untuk kreativitas, dan untuk kecelakaan yang menyenangkan (dan kadang-kadang tidak begitu menyenangkan).

Foto oleh Tony Kemplen

Ada tips yang menyenangkan atau eksperimental 110 bagi mereka yang ingin mencoba format film ini?

Jika anda ingin melakukan multiple exposure, penting untuk tidak menutup kamera di antara pemotretan, karena hal ini akan memajukan film ke frame berikutnya. Pengaturan f2.8 memberikan kedalaman ruang yang sangat sedikit pada jarak dekat, jadi anda harus memperhitungkan hal ini, dan mungkin tidak memiliki satu subjek yang penting, sebagai gantinya, pilihlah pemandangan di mana ada sesuatu yang akan menjadi fokus. Contoh musiman mungkin adalah hamparan bunga bakung, di mana beberapa bunga akan terlalu dekat atau jauh untuk menjadi tajam, tetapi mudah-mudahan ada satu atau dua bunga yang akan menonjol. Meskipun film modern memiliki keleluasaan yang cukup besar dalam hal pencahayaan, namun double exposure bisa membebani kamera, jadi jika anda akan melakukan multiple exposure, tetapkan ISO ke 800 untuk mengurangi risiko pencahayaan yang berlebihan. Selain itu, aturan Lomography yang biasa berlaku.
---

Terima kasih kepada Tony yang telah berbagi pengalaman dan foto-fotonya dengan kami! Anda dapat mengikuti petualangan film terbarunya di akun Instagram.

Lomomatic 110 Film Camera tersedia sekarang melalui online store!

2024-03-06 #peralatan #berita #format-110 #tony-kemplen #lomomatic-110 #tony-kemplen-s-first-impressions-of-the-new-lomomatic-110-camera

Lebih Banyak Artikel Menarik