In Depth: Mengapa Kita Menjaga Film Tetap Hidup?

Mengapa kita tetap mempertahankan film? Bagi banyak orang, mungkin karena perasaan antisipasi, atau nostalgia dan sentimentalitas untuk masa lalu yang sudah lama berlalu. Tetapi ada alasan lain yang membuat banyak dari kita terus belajar dan membuat film, dan mengapa film sebenarnya berfungsi untuk melengkapi fotografi digital modern.

Dalam artikel mendalam ini, kita akan menjelajahi beberapa alasan mengapa film bertahan dan berkembang di era fotografi digital, selain nostalgia yang dibawa oleh tampilan film. Mari kita bahas!

Penghargaan: dimm1975, tj_s, pearlgirl77, solinvictus, oukrid & ruslanvar

Sentuhan Manusia

Tahun lalu, kami menulis tentang bagaimana AI, alih-alih mengancam fotografi, justru dapat menarik lebih banyak orang ke dalam fotografi film. Dalam in depth article, kami menyoroti bagaimana proses fotografi film yang lambat, teknis, dan langsung dapat memikat orang-orang yang telah terbiasa dengan kepuasan instan dari dunia modern dan mencari pengalaman yang lebih nyata dalam menciptakan karya seni.

Keahlian fotografi film adalah salah satu alasan mengapa banyak fotografer, baik yang sudah berpengalaman maupun yang baru belajar, masih bertahan dengan format ini.

Penghargaan: ale2000, pandawong, jonography, anttihoo, alina_ & iamsosha

Menguasai fotografi film membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk berlatih, dan tentu saja akan ada kesalahan yang membuat frustasi di sepanjang jalan.

Meskipun kedengarannya menakutkan jika dikatakan seperti ini, namun tindakan terlibat secara mendalam dalam proses ini menawarkan pengalaman yang tak tertandingi bagi banyak orang. Seperti bentuk seni lainnya, mereka yang telah terjerat dalam film menemukan diri mereka menjadikan film sebagai bagian dari kehidupan mereka. Dan sebaliknya, kita juga bisa melihat bagaimana para seniman ini mendekati kehidupan melalui foto-foto film mereka.

Penghargaan: bradleysmit, mo_onartist, toinon, ivanbranco & fhil68

Seni, Sains & Sejarah Fotografi

Fotografi mencakup banyak prinsip. Lebih dari sekadar media ekspresi diri, perkembangan fotografi sepanjang sejarah tetap menjadi salah satu upaya terbesar kami. Selain format yang masih tersedia saat ini seperti 110, 35 mm, 120 dan format besar, ada juga dunia proses analog alternatif seperti sianotipe, chemigrams, pencetakan lumen, anthotype, dan banyak lagi, yang mengajarkan kita dasar-dasar fotografi.

Ada juga lebih banyak cara untuk belajar tentang kerajinan ini melalui eksperimen kreatif seperti sup film, pencahayaan ganda, media campuran, dan pembakaran negatif, hanya untuk memberikan beberapa contoh. Lebih dari sekadar estetika film, metode-metode ini membantu kita menyelami lebih dalam ilmu pengetahuan di balik fotografi film dan bagaimana kita bisa memanipulasi gambar sesuai dengan keinginan kita.

Penghargaan: iosunedegoni, lomodesbro, arturoanalogico & tjeiphia

Dan tentu saja, arsip film yang ada membantu kita memahami sejarah dengan melihat bagaimana peristiwa aktual dan cara hidup di masa lalu terungkap melalui gambar. Wawancara dengan seniman dan pengarsip seperti Lydia Lutz dan Emma dari Internet Archive menunjukkan kepada kita bagaimana melihat masa lalu melalui gambar-gambar lama dapat bermanfaat untuk memahami masa kini.

Kita beruntung bisa merekam banyak momen penting dalam sejarah melalui fotografi. Dari penjelajah hutan belantara, jurnalis foto perang, hingga fotografer jalanan, mode dan gaya hidup, film memungkinkan kita untuk melihat dunia sebagai gambaran yang lebih besar sebelum era digital.

Menjaga film tetap hidup memastikan bahwa generasi baru pecinta analog di masa depan, yang mungkin juga tertarik dengan dampak fotografi film dalam sejarah, sains dan seni, akan memiliki sumber daya yang dapat diakses untuk mempelajari lebih lanjut tentang kerajinan ini.

Penghargaan: teague, pelo, neversaymike, sofi_ramis & cicciopalla

Komunitas

Tidak ada yang bisa menandingi komunitas yang terdiri dari orang-orang yang berpikiran sama. Meskipun fotografer datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan memiliki pendekatan yang berbeda terhadap fotografi film, komunitas ini disatukan oleh keingintahuan yang mendalam untuk belajar tentang film dan berbagi pengetahuan ini.

Setelah dikelilingi oleh komunitas film, sulit untuk tidak mendalami hobi ini. Selalu ada kesempatan untuk mencoba stok film atau kamera baru, atau bergabung dengan LomoWalk untuk bersenang-senang dengan sesama penggemar film. Film tetap hidup oleh orang-orang yang telah membuat komunitas yang solid melalui film!


Mengapa Anda menjaga film tetap hidup? Bagikan pemikiran Anda kepada kami dalam komentar di bawah ini!

ditulis oleh sylvann pada 2024-06-23 #secara-mendalam #in-depth-why-do-we-keep-film-alive

Lebih Banyak Artikel Menarik