Lomo School - Sekolah Fotografi Analog

Lupakan ruang kelas yang pengap dengan permen karet di kursi, selamat datang di sekolah paling menarik yang pernah kalian hadiri! Pelajari segala sesuatu mulai dari dasar-dasar analog hingga teknik eksperimental tingkat lanjut dengan kursus fotografi ini.

Apakah kamu ingin menjadi seorang ahli dalam segala hal tentang analog? Apakah kamu belum pernah melihat kamera film sebelumnya atau jika kamu adalah seorang fotografer berpengalaman - ini adalah tempat di mana semua orang bisa terlibat. Temukan panduan terperinci tentang dasar-dasar analog serta tips dan trik untuk menciptakan kembali teknik eksperimental khas Lomography. Dengan kurikulum yang terus berkembang, kami menjawab pertanyaan yang paling sering ditanyakan dari Komunitas kami dan menerima pertanyaan lainnya di school@lomography.com.

Fitur

Apa saja saran untuk melakukan pemotretan film dalam kondisi cahaya minim?

Dari menggunakan stok film dengan ISO yang lebih tinggi, menggunakan lensa prime, tripod dan lightmeter, berikut ini adalah beberapa tips untuk pemotretan dalam situasi cahaya minim, seperti hari mendung, pemotretan di malam hari, dan pemotretan di dalam ruangan.

Pelajaran Terpopler

  • Dapatkah saya mengganti cartridge film 110 sewaktu memotret?

    Ya, 110 adalah satu-satunya format film yang memungkinkan kalian mengganti cartridge dengan mudah dan aman di tengah-tengah roll!

  • Dimana saya bisa melakukan proses pengembangan film 110?

    Dimana saya bisa melakukan proses pengembangan film 110?

    Hubungi lab setempat untuk mengetahui apakah mereka mengembangkan film 110, atau kirimkan kepada kami di LomoLab.

  • Untuk berapa lama film kadaluarsa masih bisa digunakan?

    Untuk berapa lama film kadaluarsa masih bisa digunakan?

    Tidak ada aturan pasti mengenai berapa lama film masih bisa digunakan setelah melewati tanggal kadaluarsanya. Semuanya tergantung pada bagaimana film tersebut disimpan sebelum kalian memotretnya. Film yang telah disimpan dalam suhu tinggi, sinar matahari, atau kelembapan akan mengalami penurunan kualitas lebih cepat dibandingkan film yang disimpan dalam kondisi sejuk, gelap, dan kering.

  • Apa saja tipe tipe kamera film ?

    Dari kamera SLR, TLR, hingga kamera rangefinder atau point & shoot - cari tahu bagaimana berbagai jenis kamera ini beroperasi.

  • Apa yang dimaksud dengan aturan sunny16?

    Apa yang dimaksud dengan aturan sunny16?

    Aturan Sunny 16 adalah cara untuk mengukur exposure yang tepat pada siang hari tanpa menggunakan meteran kamera. Cara ini sangat bagus untuk fotografer yang tidak ingin diperlambat oleh meteran untuk setiap pemotretan atau terlalu bergantung pada meteran cahaya bawaan kamera.

  • Apakah yang dimaksud dengan lukisan cahaya?

    Apakah yang dimaksud dengan lukisan cahaya?

    Light Painting (kadang-kadang dikenal sebagai Light Graffiti) adalah teknik di mana kita bisa memodifikasi foto dengan menciptakan gerakan cahaya di dalam sebuah gambar.

  • Cara scan negatif film saya di rumah

    Tergantung pada metode yang anda gunakan, anda akan memerlukan beberapa hal berikut ini untuk scan negatif film anda: kamera digital dengan lensa makro atau smartphone anda, tripod, masker scan atau tempat film, scanner flatbed atau scanner film khusus, light table/panel LED atau peralatan scan.

  • Apa itu foto Lomography?

    Apa itu foto Lomography?

    Foto Lomography biasanya memadukan Golden Rules Lomography dan beberapa gaya karakteristik yang khas. Namun, saat ini, foto Lomography sepenuhnya tergantung pada kreativitas kita sendiri.

  • Apa yang dimaksud dengan overexpose vs underexpose pada foto?

    Apa yang dimaksud dengan overexpose vs underexpose pada foto?

    Sederhananya, foto yang kelebihan cahaya adalah foto yang lebih terang daripada kenyataan dari pemandangan yang ingin kamu potret, sedangkan foto yang kekurangan cahaya lebih gelap daripada kenyataannya. Overexposure pada umumnya berarti kamu memberikan terlalu banyak cahaya pada film, dan pada underexposure, kamu memiliki masalah yang berlawanan, yaitu kekurangan cahaya.

  • Apa saja teknik terbaik untuk mengambil foto multiple exposure?

    Apa saja teknik terbaik untuk mengambil foto multiple exposure?

    Multiple exposure adalah salah satu cara terbaik untuk mendorong kreativitas kita dengan fotografi film. Berikut ini adalah beberapa teknik untuk membantu kita mengambil foto ke tingkat yang lebih tinggi.

  • Apa yang dimaksud dengan multiple exposure?

    Apa yang dimaksud dengan multiple exposure?

    Multiple exposures (atau MX) adalah foto di mana dua atau lebih gambar ditumpuk dalam satu frame, dan ini sangat mudah dibuat menggunakan kamera analog kamu. Tempatkan gambar kereta api pada padang bunga, atau sandingkan wajah teman kamu pada gambar cakrawala kota untuk menciptakan gambar yang mempesona dan surealis.

  • Apa saja format film fotografi yang berbeda?

    Apa saja format film fotografi yang berbeda?

    Tiga jenis format film yang utama adalah 35 mm, format medium dan format besar. Format yang lebih tidak biasa, juga ada, seperti 110 dan 127.

  • Apa saja keuntungan memotret film 110?

    Apa saja keuntungan memotret film 110?

    Ada beberapa keuntungan dalam pemotretan film 110, termasuk kenyamanan, kemudahan penggunaan dan tentu saja, grain yang indah!

  • Bagaimana cara mengisi film 110 ke dalam kamera saya?

    Untuk memasukkan film 110 ke dalam kamera anda, cukup buka penutup belakang kamera, masukkan cartridge ke dalam, tutup penutupnya, lalu putar film hingga mencapai frame pertama.

  • Dimana saya bisa membeli film 110?

    Lomography saat ini merupakan satu-satunya produsen 110 film. Berbagai macam stok 110 film kami tersedia di toko online kami dan dari berbagai mitra Lomography di seluruh dunia.

  • Apakah saya perlu memundurkan cartridge film 110 saya pada akhir roll?

    Anda tidak perlu memundurkan 110 film setelah anda selesai memotret roll. Cukup keluarkan cartridge film dari kamera dan anda siap melanjutkannya!

  • Bagaimana cara menjaga kamera film saya dalam kondisi yang baik?

    Berikut ini daftar cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kamera kita dalam kondisi yang baik.

  • Apa saja jenis lampu kilat dalam fotografi?

    Dua jenis lampu kilat utama yaitu lampu kilat kamera built-in dan lampu kilat eksternal yang dipasang ke kamera melalui hot shoe.

  • Apakah saya harus memasukkan film ke dalam kamera dalam keadaan gelap?

    Tidak perlu memasukkan film dalam keadaan gelap, tetapi berada di bawah naungan atau pencahayaan yang redup merupakan kondisi ideal saat memasukkan film.

  • Apakah saya perlu mengekspos film yang sudah kadaluarsa secara berlebih?

    Ya, ketika memotret film yang sudah kadaluarsa, sebaiknya lakukan pencahayaan yang melebihi batas. Hal ini karena seiring bertambahnya usia film dan emulsi yang menurun, film akan kehilangan kepekaannya, yang berarti film membutuhkan lebih banyak cahaya untuk mengekspos foto dengan benar.

  • Apa saja saran untuk memotret film yang sudah kadaluarsa?

    Memotret dengan film yang sudah kadaluarsa akan selalu tidak dapat diprediksi, karena tidak ada cara untuk mengetahui secara pasti berapa banyak kualitas film yang menurun dari waktu ke waktu, sehingga seperti apa hasil akhirnya. Namun ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan kesempatan kita mendapatkan foto yang layak dari film yang sudah kadaluarsa.

  • Apa perbedaan antara kamera full-frame dan half-frame?

    Kamera film full-frame menghasilkan foto di seluruh frame berukuran 36 mm x 24 mm. Sedangkan kamera setengah frame dapat memuat dua gambar ke dalam satu frame dan setiap foto berukuran 18 mm x 24 mm.

  • Berapa banyak foto yang dapat anda potret pada film 35 mm?

    Satu roll film 35 mm standar memungkinkan anda mengambil 36 foto. Namun demikian, stok film tertentu hanya memungkinkan pengambilan 24 foto. Jumlah eksposur diindikasikan pada bagian luar kotak film.

  • Apa jenis film 35 mm terbaik untuk double exposure?

    Multiple exposure dapat dilakukan dengan jenis film apa pun, tetapi kami merekomendasikan untuk menggunakan film hitam putih atau negatif berwarna daripada film slide E-6, karena film ini memiliki lintang exposure yang lebih luas, yang berarti dapat menangani over atau under exposure dengan sangat baik.

  • Pengaturan kamera apa yang harus saya gunakan untuk fotografi film dengan cahaya minim?

    Ada beberapa pengaturan yang bisa anda utak-atik untuk mengambil foto secara efektif bahkan dalam kondisi minim cahaya. Ini termasuk membuka bukaan diafragma atau menggunakan kecepatan rana yang lebih panjang untuk memungkinkan lebih banyak cahaya saat mengambil foto. Anda juga dapat menggunakan flash untuk mengambil foto yang lebih jelas dari subjek anda dalam kondisi minim cahaya.

  • Mengapa sebagian orang suka memotret film yang sudah kadaluarsa?

    Mengapa sebagian orang suka memotret film yang sudah kadaluarsa?

    Beberapa fotografer menggunakan film yang sudah kadaluarsa karena mereka menyukai tampilan unik yang diberikannya pada foto mereka. Seiring bertambahnya usia, film fotografi cenderung mengalami penurunan kontras, peningkatan grain, dan pergeseran warna yang signifikan.

  • Apakah film yang sudah kadaluarsa masih bisa digunakan?

    Apakah film yang sudah kadaluarsa masih bisa digunakan?

    Ya, film fotografi sering kali tidak masalah untuk digunakan setelah melewati tanggal kadaluarsanya. Sejauh mana kalian akan melihat efek usia film, tergantung pada berapa tahun film tersebut telah kadaluarsa, serta kondisi penyimpanannya.

  • Apa perbedaan antara analog dan digital?

    Format analog dan digital merupakan dua cara untuk menyimpan informasi. Dalam teknologi analog, gelombang atau sinyal disimpan dalam bentuk aslinya (seperti vinil di mana alur diukir untuk menciptakan gelombang suara pada piringan hitam itu sendiri). Namun, dalam teknologi digital, gelombang atau sinyal diubah menjadi angka dan disimpan sebagai kode pada perangkat digital seperti hard drive, kartu memori, atau komputer.

  • Apa yang dimaksud dengan kamera film half-frame?

    Apa yang dimaksud dengan kamera film half-frame?

    Kamera half-frame memotret foto 18×24 mm pada film 35 mm. Ini berarti anda bisa mengambil hingga 72 foto dalam satu roll film dan menghemat banyak film!

  • Apa itu fotografi instan?

    Apa itu fotografi instan?

    Fotografi instan memungkinkan kita mencetak foto yang dikembangkan sepenuhnya beberapa detik setelah diambil. Hal ini dimungkinkan karena film instan sudah mengandung semua bahan kimia pengembangan yang dibutuhkan di dalamnya.

  • Apa yang dimaksud dengan bokeh?

    Apa yang dimaksud dengan bokeh?

    Berasal dari kata bahasa Jepang "boke-aji" yang berarti kualitas blur, bokeh menggambarkan kualitas foto yang " blur" dan di luar fokus.

  • Apa itu film LomoChrome?

    LomoChrome adalah nama yang diberikan untuk stok film eksperimental Lomography. Saat ini ada empat stok film LomoChrome yang tersedia: LomoChrome Purple, LomoChrome Turquoise, LomoChrome Metropolis, dan LomoChrome Color '92.

  • Kamera Lomography apa yang terbaik untuk pemula?

    Kamera Lomography apa yang terbaik untuk pemula?

    Lomography memiliki banyak kamera yang dibuat untuk berbagai kesempatan. Untuk melakukan perjalanan pertama kalian ke dalam film, yang ingin mempelajari sisi yang lebih teknis dari fotografi, atau bahkan hanya ingin melepaskan diri dan bereksperimen, ada kamera Lomography untuk kalian. Daftar ini menyoroti lima kamera: Simple Use Camera, Fisheye No. 2 35 mm Camera, Diana F+, Lomo LC-A+, dan LomoApparat, yang semuanya merupakan titik awal yang baik untuk perjalanan analog kalian.

  • Apa yang membuat kamera Lomography berbeda dari kamera film lainnya?

    Apa yang membuat kamera Lomography berbeda dari kamera film lainnya?

    Kamera Lomography berbeda dengan kamera film lainnya karena kamera ini didesain agar mudah digunakan dengan memperhatikan eksperimen film.

  • Apa saja metode yang tersedia untuk scan negatif film?

    Jika kalian ingin berinvestasi dalam peralatan pemrosesan film kalian sendiri, atau sekadar ingin mencoba scanning sendiri, berikut ini adalah metode yang paling umum dan apa saja yang kalian perlukan untuk scan negatif film kalian.

  • Bagaimana cara men-scan 110 film?

    Ada beberapa cara untuk scan film 110, seperti dengan DigitaLIZA 110 Scanning Mask khusus dari Lomography, atau Lomography DigitaLIZA+ dan Digitaliza Max dengan frame yang sudah dimodifikasi.

  • Bagaimana cara men-scan lubang sprocket dan batas film?

    Bagaimana cara men-scan lubang sprocket dan batas film?

    Sama seperti format film lainnya, anda bisa scan lubang sprocket dan batas film dengan menggunakan scanner flatbed biasa atau scanner film khusus seperti kit scan Lomography DigitaLIZA.

  • Apa itu LomoHome?

    LomoHome kamu adalah pintu gerbang untuk berbagi foto dan dirimu sendiri di Lomography.com. Di sinilah kamu bisa mengunggah foto, membuat album, dan mengikuti aktivitas terbaru teman-temanmu.

  • Apa yang dimaksud dengan metering?

    Metering adalah proses membaca kondisi pencahayaan sebelum mengambil foto, untuk memastikan anda mendapatkan exposure yang tepat untuk foto anda. Di sinilah kecepatan rana, bukaan diafragma, dan ISO berperan.

  • Apakah yang dimaksud dengan fotografi makro?

    Apakah yang dimaksud dengan fotografi makro?

    Ingin belajar cara mengambil foto bidikan super close-up? Maka, anda sebaiknya mencoba fotografi makro.

  • Apa yang dimaksud dengan fotografi sudut lebar?

    Apa yang dimaksud dengan fotografi sudut lebar?

    Ingin mengubah gaya fotografi kalian? Cobalah fotografi sudut lebar dan terbukalah pada dunia yang penuh dengan berbagai kemungkinan!

  • Apa yang dimaksud dengan panjang fokus?

    Apakah kalian bertanya-tanya, apa arti angka/ukuran pada lensa kalian? Itu adalah panjang fokus lensa kamu dan dapat menentukan bagaimana foto kamu akan terlihat.

  • Apa itu jarak pemfokusan minimum?

    Fokus adalah bagian integral dari fotografi. Pada dasarnya, inilah yang membuat foto kamu menjadi jelas dan subjek kamu dapat dibedakan dari latar belakang. Kamera memiliki kemampuan pemfokusan yang berbeda-beda dan itulah mengapa penting untuk mempelajari tentang jarak pemfokusan dan bagaimana hal itu berperan dalam cara kamu mengambil foto.

  • Apa yang dimaksud dengan 'pushing' atau 'pulling' sebuah film?

    'Pushing' atau 'pulling' sebuah film mungkin terasa menakutkan pada awalnya, tetapi sebenarnya lebih sederhana daripada kedengarannya.

  • Bagaimana cara memotret multiple exposure dengan LomoGraflok 4×5 Instant Back saya?

    Mengambil multiple exposure dengan LomoGraflok 4×5 Instant Back adalah proses yang cukup mudah. Cukup ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk menguasai teknik ini:

  • Kamera film apa yang terbaik untuk menciptakan multiple exposure?

    Sebagian besar kamera Lomography memiliki tombol atau switch Multiple Exposure, yang mudah dikenali oleh ikon MX.

  • Apakah saya bisa melakukan multiple exposure dengan Simple Use Reloadable Film Camera saya?

    Tidak ada tombol multiple exposure pada Simple Use Reloadable Film Camera. Setelah mengambil foto, tombol rana akan terkunci sampai anda memajukan roda film untuk exposure berikutnya. Namun demikian, selalu memungkinkan untuk menemukan cara untuk membuat multiple exposure.

  • Apa yang dimaksud dengan pertukaran film?

    Apa yang dimaksud dengan pertukaran film?

    Pertukaran film adalah ketika dua orang memotret roll film yang sama untuk menciptakan foto gabungan (atau double exposure.) Orang pertama memotret film, kemudian memutarnya dan memberikannya kepada orang kedua, yang akan memotret roll film yang sama lagi, menciptakan foto di atas foto layer pertama.

  • Bagaimana cara menghasilkan banyak pencahayaan dengan kamera instan?

    Kamera Lomography Instan memiliki tombol atau sakelar multiple exposure (berlabel MX). Hal ini memungkinkan anda untuk mengekspos satu frame sebanyak yang anda inginkan, dengan mudah menciptakan efek berlapis yang luar biasa.

  • Kamera Lomography mana yang dapat digunakan untuk multiple exposure?

    Sebagian besar kamera Lomography memiliki kemampuan untuk membuat multiple exposure. Di Lomography, kami tahu betapa pentingnya eksperimen, terutama dalam hal menciptakan multiple exposure yang mengagumkan, dan kami siap membantu kalian dengan berbagai macam kamera berkemampuan MX.

  • Berapa banyak eksposur yang bisa saya hasilkan dalam satu frame?

    Berapa banyak eksposur yang bisa saya hasilkan dalam satu frame?

    Tidak ada batasan jumlah exposure yang bisa anda lakukan dalam satu frame. (Selama anda memiliki kamera yang memungkinkan multiple exposure, tentu saja)

  • Apa yang dimaksud dengan aperture?

    Baru mengenal fotografi film? Jika ya, maka salah satu hal yang harus anda pelajari adalah tentang aperture.

  • Apa yang dimaksud dengan kecepatan rana?

    Hal dasar fotografi lainnya yang harus dipelajari dan diingat oleh setiap fotografer pemula adalah menggunakan kecepatan rana yang tepat.

  • Apa itu ISO?

    Kadang-kadang, kita tidak bisa hanya mengandalkan aperture dan kecepatan rana saja. ISO bisa sangat membantu kita mendapatkan exposure yang tepat tanpa harus menanggung risiko yang besar akibat terlalu banyak mengandalkan perubahan aperture dan kecepatan rana.

  • Dimana tempat memproses film?

    Ada banyak tempat yang dapat memproses dan mengembangkan film negatif berwarna 35 mm seperti toko obat setempat atau laboratorium foto satu jam jadi.

  • Apa metode proses untuk film Redscale dan LomoChrome?

    Semua film warna Lomography diproses menggunakan bahan kimia C-41. Ini termasuk Lomography RedScale XR dan berbagai film LomoChrome kami yang populer dengan pergeseran warna - LomoChrome Purple, LomoChrome Metropolis dan LomoChrome Turquoise

  • Apa itu cross processing?

    Apa itu cross processing?

    Cross processing? (atau X-pro”) adalah prosedur yang secara sengaja melakukan pemrosesan film dalam larutan kimia yang dimaksudkan untuk jenis film yang berbeda. Karena tiap campuran bahan kimia dioptimalkan untuk jenis film tertentu, kalian akan mendapatkan hasil yang tidak terduga apabila menggabungkannya secara berbeda.

  • Apakah film negatif B&W itu?

    Sejauh ini, ini adalah jenis film hitam-putih yang paling umum, dan cara kerjanya hampir sama seperti film negatif warna. Pada dasarnya, semua area yang tampak paling terang pada negatif akan menjadi gelap pada cetakan akhir dan semua area gelap pada negatif akan menunjukkan cahaya pada cetakan.

  • Apa itu film slide dan proses E-6?

    Film slide memiliki banyak nama lain, termasuk film "positif", "transparansi", "reversal" dan "E-6". Tidak seperti film negatif warna yang lebih umum, film slide menghasilkan foto positif langsung pada film. Area terang dan gelap tampak seperti kenyataannya. Apabila dipasang pada stok kartu, foto-foto ini adalah slide yang akan kalian pasang di proyektor slide, atau slide yang dimiliki kakek-nenek kalian dalam kotak di loteng.

  • Apa yang dimaksud dengan film negatif berwarna dan proses C-41?

    Film negatif warna adalah jenis film warna yang paling umum dan banyak digunakan. Salah satu fitur utama film negatif warna adalah lintang pencahayaan yang fleksibel. Ini berarti, bahwa film ini sangat toleran terhadap pencahayaan yang tidak tepat, khususnya pencahayaan yang berlebihan. Kehilangan pencahayaan yang benar sebanyak 1 atau 2 stop, bukanlah masalah besar pada film negatif warna, karena kamu biasanya masih akan mendapatkan hasil yang layak.

  • Apa perbedaan antara film negatif warna dan film slide/positif?

    Negatif warna dan film slide, keduanya menghasilkan gambar berwarna, namun perbedaannya terletak pada cara menghasilkan foto.

  • Apa saja tipe proses dalam film fotografi ?

    Ada tiga jenis proses pengembangan yang umum dalam fotografi film. Ini adalah C-41, E-6 dan B&W, yang masing-masing sesuai dengan tiga jenis utama film, negatif warna, positif warna (pembalikan warna/film slide) dan hitam putih.

  • Apa itu film format besar atau film lembaran?

    "Format besar" mengacu ke jenis film dengan ukuran frame 4×5 inci atau lebih besar. Film ini diproduksi dalam lembaran-lembaran individual yang dimasukkan ke dalam tempat film, dan karena alasan ini, film ini juga kadang disebut sebagai "film lembaran".

  • Apa itu film 110?

    Format film 110 (juga dikenal sebagai film saku) diperkenalkan oleh Kodak pada tahun 1972. Film berbasis cartridge ini hanya berukuran lebar 16 mm, kira-kira setengah dari ukuran film 35 mm yang dikenal kebanyakan orang.

  • Apa itu film format medium atau film 120?

    Apa itu film format medium atau film 120?

    Film format medium (atau film 120) lebih besar daripada 35 mm, tetapi lebih kecil daripada format besar (atau film lembaran). Istilah "film 120" dan "film format medium" cukup banyak digunakan saat ini, tetapi anda harus mengetahui bahwa film ini tidak berukuran 120 mm.

  • Apa itu film 35 mm?

    Film 35 mm (kadang-kadang juga disebut sebagai format 135) adalah format film fotografi yang paling umum. Film ini memiliki lebar 35 milimeter, dan setiap foto standar berukuran 24×36 mm.

Ada yang kurang?

Tidak dapat menemukan jawaban untuk pertanyaan kalian? Atau apakah kamu punya saran yang berguna untuk ditambahkan ke salah satu pelajaran kami? Kami ingin membangun ruang belajar analog terbesar di dunia, jadi silakan kirimkan permintaan atau informasi lebih lanjut ke school@lomography.com dan kita akan lihat!